5P dan 7P DALAM BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)

Pemasaran memiliki arti yang sama sekali berbeda dengan penjualan. Pemasaran juga tidak sekedar periklanan dan bentuk-bentuk promosi lainnya. Namun setiap hari kita selalu menjadi sasaran pemasaran dari berbagai produk.

Marketing Mix (Bauran pemasaran) dan 5 Ps pemasaran sering digunakan sebagai sinonim satu sama lain. Padahal mereka belum tentu hal yang sama. “Bauran Pemasaran” adalah ungkapan umum yang digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis pilihan organisasi di dalam membuat seluruh proses untuk membawa produk atau layanan ke pasar.

5P (Konvensional):

  • Product (Produk)

Terdapat dua jenis produk umum yaitu produk barang adalah produk yang dapat dilihat, disentuh, disimpan, atau singkatnya adalah yang produk yang nyata. Dan produk jasa adalah produk yang tidak dapat dilihat, disentuh maupun disimpan, tapi hanya bisa dirasakan dan dapat dinikmati pada saat kita membelinya saja. Tapi inti persoalannya adalah kita harus memahami bahwa kita menjual manfaat, terlepas dari jenis produk kita apakah barang fisik ataukah berupa jasa. Kedua-duanya harus mempunyai ciri khas dan memberikan kepuasan bagi konsumen.

Saat memasarkan product Anda, pikirkan fitur kunci dan kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat menggunakan research and development untuk menginfokan perkembangan baru dari produk.

 

  • People (Orang)

Sebagai pebisnis kita harus membentuk jaringan pertemanan, baik pertemanan dari kecil, masa sekolah, kenalan, teman facebook, mailing list, dll. Mulai dari teman ini kita memperkenalkan produk kita, apabila produk kita memberikan kesan luar biasa dari sisi manfaat dengan harga yang terjangkau, tentunya hal ini dapat membantu mempromosikan produk/jasa kita kepada jaringan pertemanan mereka masing-masing, sehingga jaringan pertemanan kita secara otomatis akan meluas. Kita tidak perlu malu memperkenalkan produk kita kepada teman-teman kita

Pasarkan bisnis Anda secara kompetitif dengan merekrut orang yang tepat, pelatihan staf Anda untuk mengembangkan keterampilan mereka, dan mempertahankan staf yang baik.

 

  • Price (Harga)

Harga yang kita tawarkan harus terjangkau oleh konsumen sesuai dengan kualitas yang kita tawarkan. Bagi konsumen harga adalah suatu hal yang paling sensitif, semua orang menginginkan harga yang rendah dengan kualitas produk yang bagus. Jangan dikira orang kaya akan dengan emosional membelanjakan uangnya untuk membeli suatu produk, mereka tetap akan berfikir secara rasional, apa manfaat dan berapa kira-kira nilai yang pantas untuk produk tersebut.

Ingat Hukum Ekonomi dimana “harga akan sangat tinggi apabila penawaran sedikit, namun jika penawaran banyak maka harga akan rendah”. Tentu saja untuk memudahkan anda memasarkan usaha, kenali kantong calon pembeli dan berikan harga yang terbaik sesuai dengan kualitas produk usaha anda.

 

  • Place (Tempat)

Untuk bisnis kecil, menengah, maupun besar, permasalahan tempat tetap menjadi perhatian serius. Untuk membuka suatu usaha kita harus memilih tempat yang strategis, banyak dilalui orang, mudah dijangkau oleh kendaraan, tidak harus di lokasi yang mahal. Memang banyak orang yang mengatakan, apabila produk kita berkualitas, dan memberikan persepsi positif, kesan yang baik pada konsumen, di manapun lokasinya pasti akan dicari konsumen. Tetapi tetap akan lebih baik apabila kita memperhatikan dengan serius masalah tempat ini. Coba kita perhatikan KFC, Mc Donald, itu adalah perusahaan besar skala internasional, tetapi masih tetap menggunakan lokasi yang strategis dan mudah terjangkau ini.

 

  • Promotion (Promosi)

Untuk urusan promosi harus tetap kita lakukan, tidak perduli apakah bisnis kita baru mulai atau sudah berjalan lama, gunanya adalah untuk menginformasikan secara terus menerus kepada konsumen untuk membeli dan membeli lagi produk kita.

Untuk era sekarang ini banyak media yang mampu anda gunakan sebagai media promosi. Untuk media yang sangat produktif adalah jejaring sosial itu sendiri, iklan, taktik penjualan, promosi, dan penjualan langsung, dan cara anda menarik orang untuk melihat iklan anda.

Model 5P hanyalah salah satu dari daftar bauran pemasaran banyak yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun. Bauran pemasaran ini memiliki istilah yang disebut MEGA MARKETING.

 

7P (Commercial):

  • Product (Produk)

Unsur yang harus dan wajib dilakukan antara lain seperti perencanaan jasa yang sesuai, pengembangan yang dilakukan pada program jasa yang baru ataupun yang lama untuk diperbarui menjadi lebih baik, dan tentunya mengambil beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi produk jasa agar dikenal konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan.

 

  • Price (Harga)

Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan. Contoh bauran pemasaran dalam produk jasa adalah anda perlu mempertimbangkan harga setelah mengalami potongan, ongkos kirim atau angkut barang, dan bahkan variabel lain yang tentunya bersangkutan dengan usaha tersebut.

 

  • Place (Tempat)

Tempat distribusi tentu harus dipilih yang paling sesuai dan tepat dengan sasaran. Anda harus cermat mengetahui tempat yang paling strategis untuk mengembangkan usaha Anda. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan. Lokasi pemasaran juga menjadi bagian dari unsur place yang penting.

 

  • Promotion (Promosi)

Bauran pemasaran dengan sistem promosi dapat memperluas jaringan hingga ke pelosok daerah jika anda menggunakan promosi yang tepat. Media yang dapat Anda gunakan seperti media cetak, media elektronik, atau yang sekarang ini terbaru dan dapat diakses dengan mudah adalah media sosial.

 

  • People (Orang)

People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen.

 

  • Physical Evidence

Physical Evidence atau disebut sarana fisik merupakan hal yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen agar menggunakan produk jasa bisnis Anda. Sarana fisik ini meliputi lingkungan ataupun bangunan fisik lengkap yang nyaman saat konsumen datang, peralatan lengkap untuk memperlihatkan kesiapan usaha jasa anda, perlengkapan memadai, warna pada perusahaan jasa, bahkan anda dapat menggunakan logo yang menarik perhatian untuk membuat konsumen yakin dengan jasa yang akan anda berikan dan dapat memberikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa.

 

  • Process

Proses merupakan mekanisme yang berjalan dari awal hingga akhir. Segala prosedur harus sesuai dengan strategi, agar dapat memiliki target yang maksimal. Proses yang bagus memiliki dampak yang bagus untuk pemasaran jasa seperti pengertian bauran pemasaran menurut para ahli yang mengatakan bahwa apabila pemasaran jasa memiliki pelayanan dan proses yang baik, maka akan terdapat banyak sekali konsumen datang dan bahkan menjadi pelanggan setelah mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

 

Kesimpulan bahwa marketing mix atau yang sering disebut dengan 4p/5p memiliki elemen yang sangat berpengaruh bahkan harus menjadi dasar bagi sebuah produk komersial. Perencanaan yang tepat harus dilaksanakan sebelum sistem produksi dimulai, dan hal ini berlaku untuk usaha yang besar ataupun kecil.

Sedangkan apabila Anda melihat unsur 7p dalam bauran pemasaran, maka Anda dapat melihat bahwa pelayanan yang terbaik akan sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan konsumen dan pelanggan dalam usaha Anda. Anda harus jeli dalam melihat peluang untuk menarik minat dan pasaran yang tepat untuk membuat usaha jasa Anda semakin berkembang.

 

SUMBER

http://berani-bisnis.blogspot.com/2011/06/strategi-pemasaran.html  ( Jumat/08/11/2018/22:00)

http://masyitamaulidiaa.blogspot.com/2017/11/5p-dan-7p-dalam-bauran-pemasaran.html  (Jumat/08/11/2018/22:05)

https://www.kaskus.co.id/thread/512e395d48ba542d0a000005/5p-strategi-marketting/ (Jumat/08/11/2018/22:15)

https://coachmargetty.com/2012/03/20/marketing-mix-dan-4-ps/  (Jumat/08/11/2018/23:07)

http://www.danisetiawanku.com/2011/01/7-p-dalam-bauran-pemasaran.html (Jumat/08/11/2018/23:23)

https://jurnalmanajemen.com/bauran-pemasaran/ (Jumat/08/11/2018/23:25)

https://books.google.co.id/books?isbn=9796559986 (Jumat/08/11/2018/23:53)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s